February 6, 2023

Pengabdian Masyarakat FKIP- Kawal Mahir Berselancar di Dunia Maya Melalui Pelatihan Literasi Digital

Cilacap-Perkembangan teknologi dan komunikasi berimbas pada dunia pendidikan. Banyak informasi ataupun materi pelajaran yang dapat diakses oleh pelajar maupun mahasiswa secara online. Platform penyedia materi ataupun informasi banyak yang dapat di akses secara gratis maupun berbayar. Namun sayangnya akses informasi tersebut belum banyak diketahui oleh pelajar maupun mahasiswa.

Dulu pencarian Informasi maupun materi hanya bisa diakses secara offline ke perpustakaan kampus maupun perpustakaan daerah. Namun di era digital ini banyak sekali platform yang dapat menyediakan ebook atau buku elektronik yang dapat didownload maupun dengan dipinjam dengan cara mendaftarkan diri di perpustakaan nasional dan meminjam ebook yang tersedia dengan jangka waktu yang kita tetapkan. Tetapi lagi lagi mahasiswa masih belum tahu arus informasi yang berhubungan dengan materi akademik untuk kepentingan perkuliahan.

Menyikapi problematika tersebut Dosen dari Pendidikan Guru Sekolah dasar menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema pelatihan mahir berselancar di dunia maya dalam kegiatan literasi digital bagi mahasiswa. Dengan Ketua Tim pengabdian Ibu Wahyu Nuning Budiarti M.Pd, Anggota Bapak Mawan Akhir Riwanto, M.Pd dan Ibu Urip Umayah, M.Pd, dibantu oleh 2 orang mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Dalam Pelatihan tersebut Ibu Wahyu Nuning dan Tim memberikan materi tentang dasar kutipan, bagaimana membuat kutipan dari jurnal maupun dari buku. Begitu pula kutipan langsung dan kutipan Tidak langsung. Pengertian dan contoh pembuatan kutipan penting sebagai bekal mahasiswa melakukan sitasi. Agar ketika membuat proposal mahasiswa tetap menghargai penulis aslinya dengan menyatakan kutipan yang sesuai.

Selain menyampaikan materi tentang pengutipan sitasi dan daftar pustaka, pemateri juga memberikan pelatihan pencarian e-book, jurnal, serta artikel di media massa. Dalam pelatihan tersebut diberikan beberapa situs yang menyajikan e-book, jurnal serta artikel yang dapat diakses oleh mahasiswa secara gratis. Pelatihan Ini di harapkan membuat mahasiswa dapat meningkatkan ketrampilan literasi digital yang dimiliki. Literasi digital itu sendiri adalah kecakapan mahasiswa mengakses  dan mengoperasikan alat teknologi yang dapat menghasil informasi yang dibutuhkan. Adapun manfaat  literasi digital adalah membuat mahasiswa lebih kritis, membuat mahasiswa lebih mahir menyortir informasi yang dibutuhkan, membuat mahasiswa mempunyai kemampuan komunikasi maupun penambahan kosakata.