December 4, 2022

Hak Cipta Dosen

NAMA DOSEN: Susilawati
JENIS CIPTAAN: Keefektifan Bimbingan Klasikal Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Integritas Akademik Dan Civility Classroom
DESKRIPSI CIPTAAN: Buku pedoman penelitian bimbingan klasikal berbasis flipped classroom untuk meningkatkan integritas akademik dancivility classroom
Lihat SelengkapNyaAKSES DOKUMEN
NAMA DOSEN: Sunawan, S.Pd., M.Si., Ph.D., Dr. Anwar Sutoyo, M.Pd., Imam Setyo Nugroho, S.Pd., Susilawati, S.Pd.
JENIS CIPTAAN: Program Komputer
DESKRIPSI CIPTAAN: E-Pendidikan karakter integritas merupakan program, media dan bahan pelatihan untuk membentuk karakter siswa sekolah di jenjang Sekolah Menengah Petama dan Sekolah Menengah Atas. Berbagai konten dan isi dalam website e-pendidikan karakter integritas merupakan produk hasil penelitian Tim peneliti dari Universitas Negeri Semarang yang didanai oleh KEMENRISTEKDIKTI. Program, media dan bahan pelatihannya berfokus pada pembentukan karakter integritas yaitu sebuah komitmen dan kode moral sesuai dengan ajaran agama dan budaya yang berlandaskan nilai-nilai fundamental kejujuran, kepercayaan, keadilan, rasa hormat, dan tanggung jawab.
Lihat SelengkapNya: AKSES DOKUMEN
NAMA DOSEN: Dr. Awalya, M.Pd., Kons.Imam Setyo Nugroho, S.Pd., M.Pd Weni Anggraini, S.Pd., M.Pd..,  
  Susilawati, S.Pd., M.Pd.
JENIS CIPTAAN:  Buku Panduan/Petunjuk
DESKRIPSI CIPTAAN: Humanis adalah nilai-nilai dasar dalam kehidupan dan setiap manusia layak untuk dihargai, serta tidak boleh dihilangkan dan dianggap semena-mena. Dengan demiakian nilai-nilai humanis adalah nilai yang terkait dengan pandangan atau sikap seseorang memperlakukan orang lain dan sekitarnya. Semakin akomodatif seseorang terhadap keberadaan orang lain maka akan semakin tinggi pula nilai humanis yang dia miliki, dan sebaliknya semakin sempit penerimaan dan penghargaan seseorang terhadap orang lain maka rasa dan juga sikap humanisnya juga semakin rendah. Konselor sebagai seorang helper professional harus bisa memahami dan memiliki kompetensi humanis sebagai salah satu kompetensi yang mendukung keberhasilan dalam proses konseling Sebagai salah satu cara untuk mengukur tingkat kompetensi humanis konselor Skala Kompetensi Humanis Konselor (SKHK 20)ini merupakan salah satu skala untuk mengukur karakter inspiratif karakter yang dikembangkan oleh tim peneliti dari Pascasarjana Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang. Buku ini merupakan panduan penggunaan Skala Kompetensi Humanis Konselor (SKHK 20) yang terdiri dari enam bagian. Bagian pertama terkait dengan kompetensi humanis konselor, bagian kedua terkait dengan kisi-kisi Skala Kompetensi Humanis Konselor (SKHK 20), bagian ketiga terkait penggunaan Skala Kompetensi Humanis Konselor (SKHK 20), bagian keempat terkait Skala Kompetensi Humanis Konselor (SKHK 20), bagian kelima terkait daftar pustaka dan bagian keenam terkait biodata penyusun. Dengan adanya buku panduan ini diharapkan akan mempermudah konselor dan peneliti lainnya untuk menggunakan dan memberikan gambaran terkait Kompetensi Humanis Konselor.
Lihat SelengkapNya: AKSES DOKUMEN
NAMA DOSEN: Linda Dwi Sholikhah, M.Pd..,Yusuf Hasan Baharudin, M.Pd.I.,Novela Nadia Fardah, S.Psi., M.Psi., Psikolog
JENIS CIPTAAN: Program Komputer
DESKRIPSI CIPTAAN: Aplikasi "karirku" adalah aplikasi yang berisi tentang media bimbingan karir. dalam aplikasi ada permainan berupa puzzle untuk menebak jenis profesi. selain itu ada jenjang pendidikan yang harus dilalui dan syarat khusus dalam setiap profesi.
Lihat SelengkapNyaAKSES DOKUMEN
NAMA DOSEN: Dr. Awalya, M.Pd., Kons., Arif Taufiq Dani Abdillah, M.Pd., Ashari Mahfud, S.Pdi., M.Pd  Firdian Setiya Arinata, M.Pd., Imam Setyo Nugroho, M.Pd, Endang Rifani, M.Pd  Yudhi Purwa Nugraha, M.Pd., Indrajati Kunwijaya, M.Pd Festi Zulfaturrohmah, S.Pd,M.I.KOM
JENIS CIPTAAN: PANDUAN INSTRUMEN KOLABORASI BERBASIS NILAI KONSERVASI
DESKRIPSI CIPTAAN: Instrumen berisi kajian teori kompetensi kolaborasi konselor berupa (1) saling ketergantungan, (2) aktivitas profesional yang baru dimuat, (3) kepemilikan tujuan secara kolektif, (4) fleksibilitas, dan (5) refleksi. Instrumen berisi pengantar, biodata responden, nilai humanis, dan nilai inspiratif.
Lihat SelengkapNyaAKSES DOKUMEN
NAMA DOSEN: Umi Zulfa   
JENIS CIPTAAN: MANAGEMENT: AN INTRODUCTION
DESKRIPSI CIPTAAN: buku ini dikemas dalam format yang menggunakan alur pengenalan secara deduktif. Deduktif sengaja dipilih ketimbang induktif, dengan alasan bahwa penerimaan logika dan pemahaman akan lebih mudah dilakukan jika pembaca yang diasumsikan belum mengenal manajemen akan memperoleh gambaran umum terlebih dahulu, sehingga ketika penjelasan mulai masuk ke dalam sub-sub bagian yang khusus pembaca akan mampu memposisikan konteks pembahasannya dalam pembahasan umumnya. Berdasarkan alasan inilah maka buku ini dimulai dari konsep umum, sejarah, perkembangan, filsafat, dan pembicaraan khusus pada aktivitas manajemennya serta pengenalan sekilas tentang berbagai manajemen khusus yang secara real sudah banyak dipergunakan di lapangan
Lihat SelengkapNyaAKSES DOKUMEN
NAMA DOSEN: Wahyu Nuning Budiarti   Mawan Akhir Riwanto   Yusuf Hasan Baharudin    
JENIS CIPTAAN: Kajian Teori Sistem Ekologi Roberta M. Bern
DESKRIPSI CIPTAAN: Ekologi manusia melibatkan biologi, psikologis, sosial dan konteks budaya dimana orang yang sedang berkembang berinteraksi dan berproses. diuraikan secara lengkap berdasarkan penelitian-penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti mengenai hal-hal tersebut yang dapat menguatkan bahwa beragam ekologi manusia melibatkan biologi, psikologi, sosial dan juga konteks budaya karena manusia adalah makhlus sosial yang tidak dapat hidup sendiri dan harus berinteraksi dengan manusia lain dan lingkungannya.
Lihat SelengkapNya:AKSES DOKUMEN
NAMA DOSENDr Awalya, M.Pd., Kons Yudhi.,Purwa Nugraha, M.Pd., Kons Arif Taufiq Dani Abdillah, M.Pd., Ashari Mahfud, S.Pdi., M.Pd.,Endang Rifani, M.Pd., Indrajati Kunwijaya, M.Pd
JENIS CIPTAANKarya Tulis Lainnya
DESKRIPSI CIPTAANInstrumen ekosistem bimbingan dan konseling berisi 10 aspek, yaitu (1) menciptakan pengalaman konseling yang unik, (2) konseling eksperimental, (3) konseling cerdas, (4) sambungan global, (5) cost-effective Counseling, (6) knowledge / research Bank Creation, (7) peer-to-peer Learning, (8) Faculty as a facilatator coach and mentor, (9) lembaga sebagai reacilitator sumber daya, (10) Policymaker Guiding Architechts of holistic learning.
Lihat SelengkapNya: AKSES DOKUMEN
NAMA DOSENDr. Awalya, M.Pd., Kons..,Yudhi Purwa Nugraha, S.Pd., Kons..,Layyinatus Syifa, S.Pd..,Endang Rifani, S.Pd.
JENIS CIPTAAN
Buku
DESKRIPSI CIPTAANSchool Counselor Competencies Application is a book that comprehensively discusses a series of school counselor competencies that can support the counselor’s performance in carrying out a role as a professional counselor. The discussion starts by explaining the school counselor’s definition and roles that the counselor has in school, the school counselor’s competencies, the types of guidance and counseling services, applicable approaches to the implementation of counseling services, and counselor competencies evaluation. These discussions make this reference book worth reading, especially for counselors and prospective counselors as an effort to gain insight into the field of Guidance and Counseling. This book offers advantages to counselor competencies evaluation in which the evaluation aims to determine the counselor’s performance effectiveness in the implementation of guidance and counseling programs, and in turn, provides an evaluation of the counselor and motivation to continuously develop self-competence as a professional counselor. As a result, it is expected that there is an improvement in the stages of planning up to the evaluation of school programs. In addition, this book also thoroughly discusses the importance of collaboration between the counselor with other parties to facilitate students in achieving their developmental tasks. Similarly, the urgency of the roles of counselors is discussed in such a way that this book is significant to be a source of reading for counselors and prospective counselors.
Lihat SelengkapNyaAKSES DOKUMEN
NAMA DOSENDr. Awalya, M.Pd., Kons.., Yudhi Purwa Nugraha, S.Pd., Kons., Layyinatus Syifa, S.Pd..,Endang Rifani, S.Pd.
JENIS CIPTAANBUKU
DESKRIPSI CIPTAANAplikasi Kompetensi Konselor Sekolah, merupakan buku yang mengulas secara komprehensif mengenai serangkaian kompetensi konselor sekolah yang dapat menunjang kinerja konselor dalam menjalankan peranan sebagai konselor yang profesional. Pembahasan dimulai dengan menjelaskan konselor sekolah serta peranan yang dimiliki konselor di sekolah, kompetensi-kompetensi konselor sekolah, jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling, pendekatan yang dapat digunakan dalam pelaksanaan layanan konseling, sampai dengan evaluasi kompetensi konselor. Menjadikan buku ini buku referensi yang bermanfaat untuk dibaca, terkhusus bagi konselor dan calon konselor dalam rangka sebagai suatu upaya untuk menambah wawasan dalam bidang Bimbingan dan Konseling. Buku ini menawarkan kelebihan pada evaluasi kompetensi konselor, yang mana hal itu diperlukan untuk mengetahui efektifitas kinerja konselor dalam melaksanakan program bimbingan dan konseling, tentunya memberikan evaluasi terhadap konselor dan motivasi untuk terus mengembangkan kompetensi diri sebagai konselor yang profesional, sehingga harapannya ada peningkatan kinerja konselor baik dalam perencanaan sampai dengan tahap evaluasi program di sekolah. Tidak terlupa pentingnya kolaborasi yang dilakukan oleh konselor dengan pihak lain untuk memfasilitasi peserta didik dalam mencapai tugas perkembangannya, diulas tuntas dalam buku ini. Urgensi dari peranan konselor di sekolah diulas sedemikian rupa, sehingga buku ini akan menjadi penting sebagai sumber bacaan bagi konselor atupun calon konselor.
Lihat selengkapnyaAKSES DOKUMEN