December 4, 2022

Ucapan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional oleh DEKAN FKIP

Menurut sejarah hari Guru Nasional diresmikan bertepatan dengan hari lahir Persatuan Guru Republik Indonesia dalam kongres guru yang diadakan disurakarta pada tanggal 24-25 November 2022. Pada tahun 1994 melalui Keputusan Presiden no 78 tahun 1994 yang berisi penetapan tanggal 25 November sebagai hari berdirinya PGRI sekaligus Hari Guru Nasional

Kongres Guru Indonesia mengapa bisa diselenggarakan padahal kemerdekaan Republik Indonesia baru berselang beberapa bulan?. Hal tersebut bisa dipahami karena sejak tahun 1912 Pemerintah Hindia Belanda membentuk sebuah organisasi guru yaitu Persatuan Guru Hindia Belanda atau PGHB. Pada saat tahun 1932 PGHB berganti nama menjadi PGI atau Persatuan Guru Indonesia, hal ini memiliki arti bahwa para guru mulai menggelorakan semangat kebangsaan dan nasionalisme Keindonesiaan.

Namun pada saat penjajahan Jepang PGI tidak terdengar aktivitasnya karena represifnya penjajah dari sesama orang Asia tersebut. Setelah kemerdekaan Proklamasi 1945 para guru kembali bersatu dan melakukan Kongres Guru Indonesia yang melahirkan Persatuan Guru Republik Indonesia dengan singkatan terkenalnya yaitu PGRI. PGRI pun pernah terbelah menjadi dua yaitu PGRI Vak Sentral dan PGRI Non Vak Sentral. Hal biasa dalam perjalanan sebuah organisasi, seperti group band, ataupun persekawanan lainnya.

Persatuan Guru Republik Indonesia mendapatkan apresiasi dari Pemerintah dengan dijadikannya Hari jadi PGRI tanggal 25 November menjadi Hari Guru Nasional. Hari Guru Nasional ditetapkan Presiden Soeharto pada tanggal 25 November 1994, dengan sebuah Keputusan Presiden, yaitu Kepres Nomor 78 tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional. Mulai saat itulah 25 November selain menjadi hari ulang tahun PGRI juga diperingati menjadi Hari Guru Nasional. Tema Hari Guru Nasional 2022 adalah Guru Bangkit, Pulihkan Pendidikan: Indonesia Kuat, Indonesia Maju. Tema HGN 2022 Kemdikbudristek “Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar”. FKIP ikut merayakan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI KE 77 berikut merupakan Ucapan dari DEKAN FKIP UNUGHA: