October 4, 2022

FKIP Lakukan Pengabdian Kepada Masyarakat Strategi Financial Parenting Sejak Dini

Bulupayung 22 Juli 2022 diadakan pengabdian masyarakat berupa workshop untuk santri dan wali santri Masjid Jami Al Ikhlas Bulupayung dengan tema workshop strategi financial parenting sejak dini. Pembicara dalam kegiatan ini adalah bapak Yusuf hasan Baharudin, M.Pd.I selaku dosen Bimbingan Konseling sekaligus Ka.Prodi Bimbingan dan konseling. kegiatan tersebut juga merupakan salah satu program kerja Kuliah Kerja Nyata(KKN) Kelompok 12 yang ditempatkan di desa bulupayung. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat tersebut adalah menanamkan gemar menabung pada santri serta mengarahkan wali santri agar dapat memotivasi anaknya untuk gemar menabung. Menabung sendiri adalah kegiatan menyisihkan uang jajan kita untuk disimpan seluruh atau sebagian dimana saja dan kapan saja.

Dalam pemaparannya bapak yusuf hasan menjelaskan bahwa manfaat menabung sejak dini adalah membiasakan anak agar dapat mengelola keuangan dengan baik sehingga dapat membedakan mana kebutuhan primer yang harus disegerakan dan mana kebutuhan sekunder atau bahkan tersier yang belum begitu penting dan hanya didasarkan pada keinginan sesaat. Peran orang tua sangat penting untuk memberikan contoh dan praktik baik bagaimana pengelolaan keuangan yang baik sejak dini agar anak dapat tumbuh dengan pengelolaan keuangan yang bijak.

Lebih lanjut pak yusuf menjelaskan keuntungan lain dari gemar menabung selain bijak dalam pengelolaan keuangan adalah hemat pengeluaran, merencanakan masa depan, ada simpanan untuk kebutuhan mendesak serta biaya sekolah yang tidak terduga. Selain itu gemar menabung sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila ke 5 pancasila yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Menabung dapat menghindarkan dari perilaku boros dan juga konsumtif serta dapat menghindarkan dari mengambil hak orang lain serta menyengsarakan orang lain. Contohnya jika seorang anak berperilaku boros dengan menggunakan uang orang tua untuk gaya hidup maupun perilaku konsumtif lainnya sehingga kebutuhan rumah dan sekolah tidak terpenuhi. oleh karena itu Pembiasaan harus dilakukan sejak dini serta menerapkan bahwa menabung bisa di mana saja dan kapan saja mulai dari rumah, TPQ maupun di bank.

sebagai penutup pak yusuf menyampaikan pentingnya orang tua untuk menerapkan kebiasaan dan praktik baik menabung dengan menyediakan celengan yang menarik agar anak tertarik untuk memulai kebiasaan baik menabung selain itu orang tua juga bisa memberikan cerita atau share contoh baik dari kegiataan menabung yang dirasakan oleh pengalaman pribadi maupun cerita orang lain yang sukses dengan menabung. Uang yang ditabung dipergunakan untuk kepentingan anak baik dimasa depan maupun masa sekarang yang memberikan manfaaat baik untukorang tua maupun anak misalnya untuk biaya sekolah maupun les. Berikan reward apresiasi serta pujian jika anak dapat menerapkan kebiasaan baik tersebut.