October 4, 2022

FKIP sebagai narasumber in house training di SDN Pesawahan

Banyumas 13 Juli 2022, Penyelenggaraan tahun ajaran baru tahun ini sedikit berbeda karena sekolah dasar mulai mengimplementasikan kurikulum merdeka yang diterapkan pada kelas 1 dan kelas 4. Seperti yang kita tahu bahwa menteri pendidikan meluncurkan program merdeka belajar mulai tahun 2019 beberapa program terkait merdeka belajar mulai terealisasikan. Tahun ajaran ini merupakan realisasikan merdeka belajar di sekolah dasar pada kelas 1 dan kelas 4.

Pembekalan terkait implementasi tersebut telah didapatkan oleh bapak dan ibu guru selama libur semester genap kemarin. Kurikulum merdeka mengedepankan 6 literasi dasar dan numerasi. Literasi dasar yang harus di kuasai adalah literasi baca tulis, literasi sains, literasi digital, literasi numerasi, literasi financial, literasi kebudayaan dan kewargaaan. Berdasarkan aspek tersebut penting bagi guru untuk menambah ilmu dengan menguasai beberapa media yang dapat digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran.

In house training dilakukan untuk menambah referensi media yang dapat digunakan untuk mengembangkan bahan ajar secara digital berupa video melalui video scribe. Peserta pada kegiatan IHT adalah guru-guru di Sekolah Dasar Negeri Pesawahan. Runutan acara IHT berupa pembukaan, sambutan dari kepala sekolah dilanjutkan dengan penyampaian materi Oleh bapak Mawan Akhir Riwanto, M.Pd.

Beliau menjelaskan fitur yang ada dalam video scribe apa saja serta bagaiamana cara membuat video dengan menggunakan video scribe mulai dari awal sampai akhir. Acara IHT tersebut dielenggarakan berkat kerjasama antara Peserta KKN kolaborasi di desa pesawahan dengan pihak sekolah dan Pihak FKIP. Kedepannya semoga para guru di daerah manapun terbuka untuk  melakukan kerjasama dalam bentuk Tridharma dengan FKIP UNUGHA .