August 11, 2022

Hasil Karya Mahasiswa

Jenis KegiatanPraktik Pengalaman Lapangan
Nama MahasiswaAulia Putri Wardani
ProdiBimbingan dan konseling
KaryaArtikel Ilmiah dengan Judul Penggunaan Informasi Karir Bimbingan Kelompok Untuk Mempersiapkan Studi Lanjut Siswa Kelas Xii Man 1 Cilacap
Nama Dosen pembimbingTatang Agus Pradana, M.Pd
Abstrak  This Classroom Action Research is triggered by the existence of students from MAN 2 in Cilacap who did not continue their education to higher education due to social problems that became obstacles for them in planning further studies. The purpose of this study was to improve further study planning in class XII Agama, MAN 1 in Cilacap in the Academic Year conducted in two cycles, each cycle consisting of two meetings. However, if you look at the existing conditions, the absorption of MAN 1 in Cilacap graduates is still limited in information about universities, especially State universities (PTN) through the National Selection for State Higher Education (SNMPTN) is still minimal. Referring to the absorption of class XII Agama students who passed the selection as many as 3 people out of 36 students. One form of counseling guidance services that can directly answer these problems is through career guidance services. The career guidance service developed is implemented in the form of activities in the form of plotting the selection of majors, sharing & motivation sessions, parenting classes, interviews and career counseling, and introduction to the National Academic Achievement Selection route for StateIslamic Religious Universities (SPAN-PTKIN). In general, the career guidance services carried out have a positive impact on students, especially class XII Agama so that they are motivated to continue their education to higher education and find out information about the entrance path to higher education, especially the SPAN-PTKIN entrance route.
Lihat selengkapnyahttps://drive.google.com/file/d/1bfIFeXBkrDB2R-3ccrohi6g4TxQi6rSZ/view?usp=sharing
Jenis KegiatanPraktik Pengalaman Lapangan
Nama MahasiswaMunif Sulaiman 
ProdiBimbingan dan konseling
KaryaArtikel Ilmiah dengan Judul PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP TATA TERTIB SEKOLAH BAGI SISWA DI SMA NEGERI 1 BANTARSARI
Nama Dosen pembimbingTatang Agus Pradana, M.Pd
Abstrak  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan klasikal terhadap tata tertib sekolah bagi siswa SMA Negeri 1 Bantarsari tahun ajaran 2021/2022. sebanyak 131 siswa. Sampel dalam penelitian ini seluruh sampel sebesar 66 siswa dengan menggunakan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan datadalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisisstatistik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan layanan bimbingan klasikal terhadap tata tertib sekolah pada siswa SMA N I Bantarsari Tahun Ajaran 2021/2022 dengan mengetahui harga r hitung sebesar 0,490 dan p = 0,000 lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%). Dengan demikian semakin efektif layanan bimbingan klasikal maka semakin baik tata tertib sekolah, sebaliknya semakin kurang efektif pemberian layanan bimbingan klasikal maka semakin rendah pula tata tertib sekolah siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan layanan bimbingan klasikal terhadap tata tertib memberikan perhatian, motivasi, bimbingan dan peran dari berbagai pihak baik di sekolah khususnya guru bimbingan dan konseling sangat diperlukan dalam meningkatkan pemahaman tata tertib sekolah pada siswa yang dapat menumbuhkan semangat belajar dan tanggung jawab siswa yang tinggi sehingga proses belajar dapat berjalan dengan lancar dan tercapaiprestasi belajar yang baik. Oleh karena itu guru dan perangkat sekolah hendaknya lebih aktif dalam memberikan dukungan dalam pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dan peningkatan tata tertib sekolah pada siswa.
Lihat Selengkapnyahttps://drive.google.com/file/d/1GSceiIQYH4EvQV_jSruZzXCKv_Bv5FOq/view?usp=sharing
Jenis KegiatanPraktik Pengalaman Lapangan
Nama MahasiswaRetno Dian Puspaningrum
ProdiBimbingan dan konseling
KaryaArtikel ilmiah dengan judul PROBLEMATIKA KESULITAN BELAJAR SISWA (Studi Kasus di SMP Purnama Kesugihan)
Nama Dosen pembimbingTatang Agus Pradana, M.Pd
Abstrak    Pendidikan individu dapat dilakukan melalui pendidikan formal, non formal maupun informal. Aktifitas pendidikan atau belajar bagi setiap individu, tidak selamanya dapat berlangsung secara wajar. Kadang-kadang lancar, kadang-kadang tidak, kadang-kadang dapat cepat menangkap apa yang dipelajari, kadangkadang terasa amat sulit. Demikian kenyataan yang sering dijumpai pada setiap anak didik dalam kehidupan sehari-hari dalam kaitannya dengan 298 M. Nur Ghufron & Rini Risnawita Kesulitan Belajar Pada Anak: Identifikasi Faktor yang Berperan aktifitas belajar. Setiap individu memang tidak ada yang sama. Perbedaan individu ini pulalah yang menyebabkan perbedaan tingkah laku dikalangan anak didik. Siswa yang tidak dapat belajar sebagaimana mestinya, itulah yang disebut dengan kesulitan belajar. Menurut Djamarah (2002) bahwa gangguan yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan belajar dapat berupa sindrom psikologis yang dapat berupa ketidakmampuan belajar (learning disability). Problematika kesulitan belajar bagi siswa antara yang satu dengan yang lainnya tidaklah sama. Hal ini dikarenakan siswa memiliki kepribadian,pengalaman, tujuan dan kondisi yang beragam, diantaranya adalah kesulitan belajar siswa. Sehingga fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana problematika kesulitan belajar siswa, bagaimana usaha pihak sekolah mengatasi problematika kesulitan belajar siswa, dan bagaimana upaya guru mengatasi problematika kesulitan belajar siswa di SMP Purnama Kesugihan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Dan hasil yang diperoleh merupakan narasi, gambaran dan bukan berupa angka- angka. Terkait dengan penelitian ini, sumber data sekaligus informasi adalah Kepala Sekolah, 3 orang Guru (Ppkn, Bahasa Indonesia, dan Bimbingan Konseling), orang tua/wali murid, dan siswa, dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta triangulasi, dalam melihat dan mengetahui kesulitan belajar siswa serta upaya pihak sekolah dan guru dalam menanggulangi problematika kesulitan belajar siswa di SMP Purnama Kesugihan. Upaya yang pihak sekolah dalam mengatasi problematika kesulitan belajar siswa adalah Kepala sekolah melalui guru selalu memantau dan membimbing keadaan siswa. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi problematika kesulitan belajar siswa yakni melalui bimbingan berupa pelayanan khusus oleh gurunya seperti memberikan pemanasan otak siswa setiap paginya dengan cara bertanya dan les tambahan baik sebelum dan sesudah pelajaran, mengevaluasi PR, nilai UTS dan UAS belum tuntas.
Lihat Selengkapnyahttps://docs.google.com/document/d/1Mo5DYGtgnL2zaiGnO_QsUKKeanIdseCB/edit?usp=sharing&ouid=116365821374136486432&rtpof=true&sd=true
Jenis KegiatanPraktik Pengalaman Lapangan
Nama MahasiswaSri Yuli Fitriyani
ProdiBimbingan dan konseling
KaryaProblematika bimbingan dan konseling bidang karier peserta didik SMA: A systematic literature review (SLR)
Nama Dosen pembimbingTatang Agus Pradana, M.Pd
Abstrak    The purpose of this study is to collect and analyze articles related to various kinds of counseling problems experienced by high school students in the career field. The method used in this research is Systematic Literature Review (SLR). The results of this study show that there are various kinds of BK problems for high school students in the career field, namely low knowledge about lack of career planning, high career anxiety, lack of maturity in career selection, and lack of knowledge about career decision making. The solutions to these career problems are career information services based on life skills, modeling technique group guidance, rational emotive therapy, increasing self-efficacy, increasing self-concept understanding, humanistic extension group counseling, CDDQ (Career Decision-Making Difficulties Questionnaire), classical career guidance with media PPT, reality counseling, and peer counseling. Suggestions for future researchers are efforts to develop effective and innovative strategies so that they can be used as an alternative to solving career problems experienced by high school students.
Lihat Selengkapnyahttps://docs.google.com/document/d/1QiiyhRfXS65iXRYjP8ocmwG7IcMp1CO-/edit?usp=sharing&ouid=116365821374136486432&rtpof=true&sd=true
Jenis KegiatanPraktik Pengalaman Lapangan
Nama MahasiswaPutri Pancarani
ProdiBimbingan dan Konseling
KaryaPENERAPAN KONSELING INDIVIDU PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMK NEGERI KEBASEN
Nama Dosen PembimbingTatang Agus Pradana, M.Pd
AbstrakKonseling individu merupakan layanan konseling yang diselenggarakan oleh seorang pembimbing (konselor) terhadap seorang konseli dalam rangka pengentasan masalah. Kesulitan belajar juga merupakan suatu kondisi yang tidak dapat disembuhkan, namun apabila mendapat pelayanan intervensi yang tepat maka individu yang mengalami kesulitan belajar akan mengalami kesuksesan dalam belajar dan berkarir. Adapun bentuk kesulitan belajar terbagi atas menghindari dalam mengutarakan pendapat ketika berdiskusi, tidak menyukai kestika diskusi berlangsung dimata pelajaran karena kurang memahami, tidak teratur dalam kegiatan belajar,malas dalam mencatat pelajaran, masih merasa bingung pada waktu diskusi, masih diam dan malu mengutarakan pendapat ketika proses belajar berlangsung sehingga membuat prestasinya rendah.
Lihat selengkapnyahttps://drive.google.com/file/d/1Idx4mcIlUyt18bpn75Lgpr4JPoxhVpzb/view?usp=sharing
Jenis KegiatanPraktik Pengalaman Lapangan
Nama MahasiswaPutri Pancarani
ProdiBimbingan dan Konseling
KaryaPENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SMK RISTEK ROWOKELE
Nama Dosen PembimbingTatang Agus Pradana, M.Pd
AbstrakPenelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) yaitu upaya yang dilakukan secara terencana dan sistematis dengan melakukan refleksi terhadap praktik pelayanan selanjutnya dilakukan tindakan perbaikan untuk peningkatan praktik pelayanan konseling. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK RISTEK Rowokele yang dipilih satu kelas yang menunjukan adanya permasalahan mengenai sikap kedisiplinan pada siswa, yang ditetapkan berdasarkan data dari guru bimbingan dan konseling juga pengamatan langsung peneliti, kemudian melalui instrumen kedisiplinan siswa didapat 9 siswa yang menjadi subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok sangat efektif dan dapat meningkatkan sikap kedisiplinan pada siswa sebesar 77,8%. Maka peneliti menyarankan guru bimbingan konseling dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok sebagai alternatif yang tepat menangani permasalahan siswa khususnya meningkatkan sikap kedisiplinan pada siswa SMK RISTEK Rowokele.
Lihat selengkapnyahttps://drive.google.com/file/d/1-SfL2dYDbkZyU0TsXdo9ABIxl6qoc8QG/view?usp=sharing