December 4, 2022

FKIP lawatan ke dinas KB PP PA  Kabupaten Cilacap sebagai Calon mitra BKP

Cilacap 31 maret 2022, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mengunjungi Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBPPPA) Kabupaten Cilacap yang pertama untuk bersilaturahmi yang kedua untuk meneruskan kerjasama yang terjalin antara Universitas Nahdlatul Ulama al Ghazali. Aspek  kerjasama apa saja yang dapat terjalin diantara dinas KB PP PA dengan Fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan. Perlu kita semua ketahui bahwa Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan PerlindunganAnak, mempunyai tugas membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan di bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana, dan bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yang menjadi kewenangan Daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada Daerah. Berdasarkan hal tersebut FKIP melihat peluang bahwa dinas tersebut dapat dijadikan tempat mahasiswa melakukan perkuliahan di luar kampus mengingat dan menimbang banyak kesamaan program dengan mata kuliah yang terdapat di prodi Bimbingan Konseling serta beberapa mata kuliah di prodi pendidikan guru sekolah dasar.

Rombongan tim FKIP di terima dengan baik oleh ibu karini selaku kepala bidang keluarga berencana, ketahanan dan kesejahteraan keluarga beliau mengantarkan tim untuk berdiskusi dengan ibu  arida puji hastuti beliau adalah sekretaris KB PP PA selanjutnya pak Yusuf Hasan Baharudin menyampaikan maksud kedatangan serta memperkenalkan rombongan tim. Lebih lanjut Ibu dekan Wahyu Nuning sebagai Dekan FKIP menjelaskan bahwa maksud kedatangan tim adalah untuk menjajagi kemungkinan KB PP PA sebagai mitra dalam bentuk kegiatan perkuliahan di luar kampus. BKP yang kemungkinan dilakukan di dinas tersebut adalah magang, riset mandiri serta proyek kemanusiaan.

Selanjutnya ibu karini mengajak kami untuk berdiskusi dengan pak rohmat kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan. Dalam diskusi di sepakati bahwa kegiatan BKP yang dapat dilakukan di KB PP PA dapat dilaksanakan setelah perjanjian kerjasam di sepakati oleh kedua belah pihak. Bu karini menjelaskan bahwa ada 5 bidang dalam KB PP PA yaitu yang pertama adalah Sekretariat, terdiri dari Sub Bagian Perencanaan ,Sub Bagian Keuangan dan Aset, Sub Bagian Umum dan Kepegawaian. Yang kedua adalah Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga,terdiri dari Seksi Keluarga Berencana; Seksi Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga. Yang ketiga adalah Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan terdiri dari : Seksi Advokasi, Penggerakan, Penyuluhan, dan Pendayagunaan PLKB; Seksi Pengendalian Penduduk dan Informasi Keluarga. Yang keempat adalah Bidang Pemberdayaan Perempuan, terdiri dari :Seksi Pengarusutamaan Gender dan Perlindungan Perempuan; Seksi Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan. Yang terakhir adalah Bidang Kesejahteraan dan Perlindungan Anak, terdiri dari : Seksi Perlindungan Anak;Seksi Peningkatan Kualitas Hidup Anak.

Dalam diskusi disepakati 4 bidang dapat diintegrasikan dalam BKP yang akan dilaksanakan oleh FKIP. Empat bidang meliputi satu Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga. Kedua adalah Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan, ketiga adalah Bidang Pemberdayaan Perempuan. Yang keempat adalah Bidang Kesejahteraan dan Perlindungan Anak.

Secara keseluruhan dinas KB PP PA menyambut baik kerjasama yang akan terjalin dalam kesempatan tersebut selain 4 bidang yang masing-masing mempunyai kepanjangan tangan di setiap wilayah kecamatan seperti balai penyuluhan KB di kecamatan . KB PP PA Kabupaten cilacap sendiri mempunyai 24 balai penyuluhan KB di tingkat kecamatan yang memerlukan SDM dalam jumlah yang relatif banyak namun berdasarkan data dilapangan jumahnya belum memenuhi sehingga dari dinas KB menerima dengan tangan terbuka mahasiswa FKIP melakukan kegiatan BKP di dinas tersebut. Selain balai penyuluhan KB terdapat juga pusat informasi dan konseling remaja yang sudah terdapat di desa-desa dan di sekolah-sekolah di kabupaten cilacap. Berdasarkan hasil lawatan banyak manfaat yang didapatkan oleh mahasiswa jika melakukan BKP di dinas tersebut selain pengalaman yang diperoleh juga jumlah mata kuliah konversi yang dapat dikonversi seperti Psikologi Keluarga dan Problematikanya, Manajemen Keluarga dan Kepengasuhan Anak, Psikologi Perkembangan, Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial serta masih banyak lagi manfaat yang akan di dapatkan oleh mahasiswa dan Fakultas. Semoga hal tersebut menjadi awal yang baik untuk Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan dalam mewujudkan merdeka belajar kampus merdeka.