August 11, 2022

FKIP Tetap Produktif di Bulan Ramadhan

Kesugihan 6 April 2022 lepas libur awal Ramadhan yang tetapkan pada tanggal 4-5 April 2022, awal masuk setelah libur awal Ramadhan FKIP disibukkan dengan agenda rapat yang saling berurutan. Jadwal rapat pertama pada jam 10.00 WIB dilaksanakan rapat fakultas dengan agenda evaluasi pelaksanaan PPL tahun akademik 2021/2022. Peserta Rapat terdiri dari Dekan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Ibu Wahyu Nuning Budiarti selaku ketua SC, Bapak Yusuf Hasan Baharudin selaku SC BK, Bapak Mawan Akhir Riwanto selaku SC PGSD, Ibu Galuh Rahayuni Selaku Ketua PPL, Ibu Aris Naeni Dwiyanti selaku Bendahara dan sekretaris PPL serta mba Puput kusuma putri selaku semua seksi dalam kegiatan PPL.  

Rapat evaluasi diawali dengan pembukaan dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Wahyu Nuning Budiarti dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan rapat evaluasi tersebut diadakan untuk menreview kembali keseluruhan proses pelaksanaan PPL mana yang dianggap sudah bagus dan mana yang dianggap perlu diperbaiki sebagai bahan referensi dalam pelaksanaan PPL tahun depan. Tak lupa beliau mengucapkan terimakasih kepada panitia Pelaksana yang sudah mengakomodir semua pelaksanaan.

Evaluasi dilakukan mulai dari awal proses pelaksanaan mulai dari registrasi, verifikasi, pengumuman, pembekalan, microteaching/microcounseling, pelaksanaan PPL, konsultasi laporan, ujian response dan yudisium nilai. Setiap proses dikaji ulang apakah ada masalah yang bisa terulang kembali dipelaksanaan tahun depan. Beberapa hal harus dibenahi terutama konsep PPL kelas karyawan mekanisme pemilihan sekolah perlu ditinjau kembali. Pembekalan mahasiswa dan pembekalan DPL perlu dipertimbangkan narasumber dari praktisi pendidikan yang paham dengan kondisi di lapangan. Persyaratan pendaftaran PPL perlu ditinjau kembali. Beberapa rekomendasi dari fakultas terkait dengan kegiatan akademik mahasiswa diluar kampus seperti pelatihan/workshop/seminar bisa dikalkulasikan sebagai poin plus dalam pelaksanaan PPL. Intinya beberapa hal perlu dilakukan dan diperbaiki untuk membuat pelaksanaan PPL menjadi lebih baik lagi.

Rapat selanjutnya pada jam 13.00 pembahasan rapat tersebut mengenai rencana kerjasama antara dinas KB PP PA cilacap dengan Fakultas. Poin-poin yang akan dijadikan klausal perjanjian disepakati bersama. Berdasarkan rencana dinas tersebut merupakan calon tempat penyelenggaran BKP fakultas dalam hal ini menaungi dua prodi yaitu prodi PGSD dan prodi BK. Poin masing-masing prodi harus di indentifikasi. Hal pertama mata kuliah yang dapat dikonversi dalam pelaksanaan magang maupun proyek kemanusiaan yang dilakukan di dinas KB PP PA. aspek lain terkait dengan waktu pelaksanaan di sesuaikan dengan kaldik di perguruan tinggi, jika melebihi bisa berdampak pada input nilai mahasiswa. Selanjutnya dosen pendamping lapangan harus di plotkan dan dtawarkan kepada dosen tetap terlebih dahulu. Rancangan seluruh aspek tersebut dilakukan oleh masing-masing prodi kemudian diusulkan kepada fakultas sebagai pertimbangan klausal perjanjian kerjasama antara FKIP dengan Dinas KB PP PA. Pembahasan cikal bakal klausal lain akan di lanjutkan pada rapat berikutnya. Fakultas tetap memastikan bahwa civitas akademika tetap produktif dibulan Ramadhan.