August 11, 2022

AGENDA RAPAT RUTIN FKIP KEWAJIBAN TRI DHARMA DOSEN DAN PERSIAPAN REAKREDITASI

Cilacap, 7 April rapat rutin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dilaksanakan dengan agenda kewajiban tri dharma perguruan tinggi yang menjadi kewajiban dosen. Pelaksanaan kewajiban dosen di diskusikan bagaimanakah realisasinya, kendala  apa saja yang dihadapi. Dalam sambutannya Ibu Wahyu Nuning Budiarti menjelaskan bahwa tuntutan tri dharma wajib di kerjakan oleh seleuruh dosen di lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Kedisplinan dalam mengerjakan hal tersebut mempermudah dosen dalam mengerjakan laporan beban kinerja dosen. Lebih lanjut Ibu Nuning menjelaskan bahwa setiap dosen baik yang sudah sertifikasi maupun yang belum sertifikasi mempunyai kewajiban yang sama dalam mengerjakan laporan kinerja dosen.

Laporan kinerja dosen dilakukan setiap akhir semester dengan mencantumkan 4 aspek yang wajib untuk dilaporkan. Adapun ke empat aspek tersebut adalah pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat serta penunjang. Keempat aspek ini harus mempunyai isian masing-masing atau dengan kata lain tidak boleh kosong. Selain 4 aspek tersebut dosen juga mempunyai kewajiban sesuai dengan jabatan fungsionalnya. Jika jabatan fungsional asisten ahli maka kewajiban asisten ahli meliputi penulisan jurnal/penulisan buku dengan kewajiban minimal yang disertakan minimal 1. Jika jabatan fungsional dosen adalah lector maka kewajiban lector berupa penulisan jurnal/penulisanbuku dengan kriteria yang sudah ditetapkan  dalam PO BKD sister Terbaru. Mengingat pentingnya kegiatan tersebut dan tersinkron dengan Sk kewajiban tri dharma di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan maka pelaksanaan waktu penyerahan secara disiplin penting untuk dilakukan.

Topik rapat yang kedua adalah persiapan re akreditasi baik PGSD maupun BK. Akreditasi prodi penting untuk diperbaharui mengingat akreditasi PGSD yang habis pada bulan januari 2023 dan akreditasi BK yang habis pada bulan Mei 2023 maka pelaksanaan reakreditasi wajib dipersiapkan dari sekarang. Ibu nuning meminta komitmen masing-masing Dosen untuk dapat menyusun boring dan lampiran bersama-sama agar proses pelaksanaan reakreditasi dapat berjalan dengan lancer, kekompakan tim menjadi unsur pendukung utama suksesnya pelaksanaan reakreditasi. Setiap dosen sepakat untuk memberikan kontribusi terbaik dalam penyusunan borang akreditasi.