August 11, 2022

FKIP Realisasikan Merdeka Belajar dengan Kuliah Pakar

Merdeka belajar merupakan program dari kampus merdeka dimana mahasiswa boleh mendapatkan ilmu dari sumber manapun. Realisasi dari Merdeka belajar selain dengan BKP yang sudah ditentukan oleh pemerintah juga dengan menggunakan Kuliah Pakar. Kuliah pakar sendiri merupakan kuliah yang dilakukan oleh seseorang yang dianggap memiliki keahlian/teknik serta bakat dibidang keahlian tertentu dan diakui oleh masyarakat luas. Dalam rangka mewujudkan kuliah pakar FKIP memulai dengan membuat MoU dengan beberapa ahli dibidang olahraga. Mata kuliah yang di integrasikan dengan kuliah Pakar adalah mata kuliah pendidikan jasmani dan Kesehatan. Tujuan dari perkuliahan ini adalah memberikan kompetensi tambahan bagi mahasiswa PGSD UNUGHA dalam bidang Olahraga.

Kepakaran yang diajarkan adalah berenang dan panahan. Untuk kuliah pakar renang bekerjasama dengan PR Pandhowo bertempat di kolam renang sentul dengan estimasi waktu perkuliahan sebanyak 300 menit atau setara dengan 3 kali pertemuan perkuliahan. Materi yang diberikan disertai dengan Praktek dan evaluasi. Kompetensi akhir yang diharapkan adalah mahasiswa memiliki pengetahuan dasarolahraga renang. Mahasiswa memiliki ketrampilan dasar berenang, serta mahasiswa memiliki kemampuan mendampingi siswa berlatih berenang

Panahan merupakan kuliah pakar kedua yang dilaksanakan pada bulan mei dengan mitra Taman memanah Cilacap. Coach atau pelatihan panahan adalah bapak Widiastoyo atau akrab di sapa kakung merupakan pemilik dan pelatih Taman memanah Cilacap. Kakung sebagai pelatih tidak diragukan lagi ketrampilannya beliau, binaan atletnya banyak memenangkan kompetensi di tingkat local maupun Nasional. Kuliah pakar diawali dengan MoU dari kedua belah pihak.

Selanjutnya perkuliahan dilakukan sebanyak 3 kali dengan total 300menit, perkuliahan terdiri dari teori, praktek dan terakhir adalah evaluasi. Seperti yang dijelaskan oleh kakung memanah adalah suatu olahraga yang identic dengan terukur konsisten dan Disiplin. Tujuan dari kuliah pakar panahan adalah mahasiswa memiliki pengetahuan dasar tentang teknik dasar olahraga panahan. Selain itu mahasiswa memiliki ketrampilan dasar memanah, serta tak kalah penting mahasiswa memiliki kemampuan mendampingi siswa berlatih panahan.