August 11, 2022

Mahasiswa FKIP berpartisipasi dalam KKN Kolaborasi dengan Mahasiswa UGM

Kesugihan 23 juni 2022 kontigen KKN kolaborasi Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali dengan Universitas Gajah Mada resmi di lepas oleh Pihak Kampus masing-masing. Kebijakan kolaborasi tertuang dalam perjanjian kerjasama masing-masing Pihak yaitu Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali dengan Univeristas Gajah Mada. Tema Kuliah kerja nyata Mahasiswa Universitas gajah Mada adalah Peningkatan pemberdayaan masyarakat berbasis Potensi desa sedangkan tema dari kuliah kerja nyata Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali adalah  Masjid Musola berdaya atau di singkat masmuda.

Perwakilan dari Fakultas keguruan ada 4 orang yaitu 2 orang dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang diwakilkan oleh Diah Galuh Prihatin dan Wiwit Dwikartika. Perwakilan dari Bimbingan dan Konseling adalah Rizki Anugrah Pratama dan Fitta Lutfiana Fajriatun. Rangkaian acara diawali dengan laporan kegiatan kuliah kerja nyata kolaborasi oleh kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat selanjutnya sambutan dan pelepasan oleh Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali dalam kesempatan tersebut beliau berpesan agar memberikan yang terbaik dan selalu membawa nama baik Universitas.

                Masing-masing perwakilan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terbagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok 1 perwakilan dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar Diah Galuh Prihatin dengan bentuk program kerja Pemberdaya serta Partisipan. Total kelompok 1 mengajukan 15 Program kerja yang telah di review oleh ahli yang ditunjuk oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Adapun indicator capaian program kerja luaran berupa karya video, berita serta foto kegiatan. Kelompok 1 di tempatkan di Desa Pesawahan Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. 

Perwakilan dari FKIP dikelompok 2 ada dari bimbingan dan konseling yaitu Rizki Anugrah Pratama dan Wiwit Dwi Kartika dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, mereka di tempatkan di Desa Losari Kecamatan Rawalo dengan program kerja yang sudah direview 13 program kerja dengan bentuk program kerja pemberdayaan dan pengabdian. Adapun sasaran kegiatan adalah seluruh warga mulai dari anak-anak hingga lansia menjadi sasaran kegiatan program kerja yang diselenggarakan.

Perwakilan terakhir dari FKIP di kelompok 3 yaitu Fita Lutfiana Fajriatun dari prodi bimbingan dan konseling dengan program kerja yang sudah di review ada 16 program kerja dengan bentuk program kerja Pengabdian, pemberdayaan dan partisipan. Tempat Kuliah kerja nyata adalah di Desa Tipar kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas .

Bentuk kolabarasi dengan mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali dan mahasiswa Universitas Gajah Mada adalah pelaksanaan pemberdayaan/pengabdian/partisipan di sekitar desa tempat pelaksanaan dengan membuat serangkaian acara sesuai dengan tema kuliah kerja nyata masing-masing universitas, khusus untuk mahasiswa FKIP proses pemberdayaan/pengabdian dilakukan di area masjid musola berdaya.