August 11, 2022

YUDISIUM PPL A-XXI DAN B-XXI BERLANGSUNG SECARA DARING

Kesugihan 15 maret 2022, pelaksanaan Praktik pengalaman lapangan telah berakhir pada tanggal 28 februari setelah itu pelaksanaan responsi oleh mahasiswa telah dilaksanakan pada tanggal 8 maret 2022. Puncak akhir dari pelaksanaan PPL adalah yudisium nilai PPL yang diselenggarakan oleh panitia dan dihadiri oleh Dekan FKIP, Kaprodi PGSD, Kaprodi BK serta DPL PPL.

Proses acara yudisium diawali dengan pembukaan kemudian dilanjutkan dengan sambutan dekan FKIP beliau menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh DPL yang sudah berkenan mendampingi dan membimbing mahasiswa dalam kegiatan praktik pengalaman lapangan. Adapun segala kekurangan dan keterbatasan dalam pelaksanaan PPL harap menjadi koreksi dan pembenahan agar menjadi lebih baik kedepannya.

Acara dilanjutkan dengan laporan pelaksanaan PPL yang dalam kesempatan tersebut di wakilkan karena ketua PPL berhalangan. Laporan penyelenggaraan PPL berisi kan beberapa hal yaitu proses pelakasnaan PPL selama kurang lebih 50 hari di sekolah mitra berjalan dengan lancar walaupun ada beberapa mahasiswa yang terkonfirmasi positif dan terpaksa melanjutkan praktik secara daring dan 3 minggu setelah penerjunan terdapat kebijakan baru terkait dengan pelaksanaan pembelajaran di sekolah mitra. Pertemuan tatap muka kembali dilaksanakan secara daring selama 2 minggu di kabupaten cilacap sementara pada sekolah mitra di kabupaten banyumas dilaksanakan secara terbatas dengan prokes yang ketat. Proses penyerahan MoU dan laporan akhir oleh mahasiswa telah dilaksanakan dengan baik. MoU dengan sekolah mitra telah disepakati serta di tanda tangani oleh masing-masing Pihak. Laporan akhir mahasiswa telah diterima oleh panitia. Artikel ilmiah yang menjadi kewajiban mahasiwa belum masuk ke panitia sehingga menjadi tanggung jawab DPL untuk kembali memberikan tagihan ke mahasiswa. Terakhir permintaan maaf dan ucapan terimakasih kepada DPL yang telah mendampingi mahasiswa selama praktik pengalaman lapangan. Acara selanjutnya adalah fiksasi nilai akhir antara DPL dan kaprodi maing-masing. Fiksasi dilakukan perkelompok sekolah mitra, secara keseluruhan tidak ada kendala dalam proses fiksasi hanya beberapa kelompok yang dihimbau oleh prodi agar memberikan tambahan penghargaan kepada beberapa mahasiswa selebihnya proses fiksasi berjalan lancar tanpa ada temuan yang memberatkan. Di penghujung acara yudisium dilakukan dokumentasi bersama. Sayonara Praktik pengalaman lapangan tahun akademik 2021/2022.