October 4, 2022

FKIP Terapkan LUBER dalam Pemilu raya HMPS PGSD

Kesugihan 24 Februari 2022, merupakan hari yang istimewa karena warga Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan khususnya prodi pendidikan guru sekolah dasar menggunakan hak suaranya dalam pemilihan ketua himpunan mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar. pemilihan  diselenggarakan dengan menganut sistem langsung umum bebas dan rahasia. Kandidat calon merupakan mahasiswa prodi PGSD yang aktif dalam organisasi hmps PGSD dan merupakan mahasiswa angkatan 2019.

Panitia pemilu di bentuk oleh mahasiswa angkatan 2019 dan ketua HMPS tahun sebelumnya dengan persetujuan dari Ketua program studi. Panitia pemilu terdiri dari anggota HMPS dari angkatan 2021-2019. Jumlah panitia pemilu HMPS sebanyak 22 orang dan diketuai oleh Roudlotul Khasanah seklaigus merangkap sebagai calon ketua HMPS. Panitia pemilu terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara serta seksi-seksi.

Mengingat situasi yang masih pandemic acara pemilihan dilakukan secara daring dengan menggunakan token pemilih yang dapat diambil sehari sebelum acara pemilihan. Pengambilan token pemilih dilakukan dengan cara menghubungi petugas pemilu masing-masing angkatan. Token hanya bisa digunakan satu kali dengan jam yang telah di tetapkan sebelumnya. Jadi pemilih tidak dapat memilih sebelum dan sesudah dari waktu yang telah ditentukan.

Jumlah mahasiswa PGSD yang dapat memilih adalah 138 mahasiswa tetapi hanya 108 yang menggunakan hak suaranya. Sementara 30 orang memilih abstain atau tidak menggunakan hak suaranya. Sebelum acara pemilihan dilakukan sidang pleno dan sidang komisi untuk menentukan sah tidaknya proses pemilihan yang berlangsung. Sidang pleno dan sidang komisi dilakukan selama 2-3 jam untuk memeperoleh kesepakatan kuorum bahwa pelaksanaan pemilu HMPS siap dan boleh dilaksanakan. Calon ketua terdiri dari 3 orang yaitu Roudlotul Khasanah, Naela Kamalia serta Diah Galuh Prihatin. Masing-masing calon ketua diberikan kesempatan untuk melakukan penyampaian visi misi sebagai calon ketua HMPS . Proses pemilihan cukup singkat mahasiswa yang sudah memperoleh token bisa mengisikan token tersebut pada google formulir yang telah di siapkan. Token ini berfungsi agar tiap mahasiswa hanya dapa memilih satu kali di saat yang udah ditentukan.  Hasil pemilihan Naela Kamalia memperoleh 35 suara, Diah Galuh Prihatin memeperoleh 36 suara dan Roudlotul Khasanah memperoleh 30 suara. Ketua HMPS PGSD yang terpilh adalah Diah Galuh Prihatin. Selamat dan Sukses untuk mba Diah Galuh Prihatin semoga amanah dalam menjalankan tugasnya