October 4, 2022

Responsi PPL FKIP Dilaksanakan Secara Daring

Kesugihan 8 maret 2022, Rangkaian kegiatan PPL FKIP satu persatu telah dilalui mulai dari rapat persiapan, perijinana pembekalan serta penyerahan mahasiswa ke sekolah mitra telah dilalui dengan baik. Monitoring dan evaluasi dilaksanakan untuk meninjau pelaksanaan praktik pengalaman lapangan di sekolah sekolah mitra hingga tak terasa 40 hari mahasiswa di titipkan ke sekolah mitra agar mendapatkan pengalaman nyata dalam praktik di sekolah.

                Kegiatan selanjutnya adalah penulisan laporan agar baik OC maupun SC dapat melihat potret nyata pelaksanaan Praktik pengalaman lapangan di sekolah mitra. Penulisan laporan dijadwalkan selama 1 minggu. Konsultasi dilakukan dengan dosen pembimbing lapangan terkait dengan tagihan dari prodi masing-masing. Tagihan dari prodi PGSD meliputi praktik administrasi, praktik observasi dan sosialisasi praktik pengembangan media dan praktik pembelajaran. Tagihan dari prodi BK adalah praktik layanan dasar, praktik layanan responsif, praktik layanan peminatan dan perencanaan individual dan dukungan sistem.

 Setelah laporan di kumpulkan ke panitia selanjutnya adalah responsi yang dilakukan untuk menguji sejauh mana pemahaman mereka tentang praktik yang telah mereka lakukan serta pengalaman apa saja yang mereka dapatkan di sekolah mitra. Pelaksanaan responsi dilakukan melalui media zoom dan dibagi menjadi dua breakout room yaitu satu untuk prodi PGSD dan prodi BK. Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan dengan presentasi oleh mahasiswa selanjutnya review dan Tanya jawab dengan kaprodi masing-masing prodi setelah itu review dan Tanya jawab dengan dosen pembimbing lapangan masing-masing sekolah mitra. Dalam kegiatan tersebut dicross cek juga kebenaran dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan yang mereka lakukan. Acara responsi ditutup dengan kesepakatan penilaian response antara kaprodi dan DPL. Penilaian secara keseluruhan direkap oleh DPL untuk dipertanggungjawabkan dalam yudisium PPL pada tanggal 15 maret 2022