February 6, 2023

FKIP DUKUNG PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN

CILACAP-Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu Tri dharma perguruan Tinggi yang menjadi kewajiban dosen untuk dilaksanakan. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan menfasilitasi kegiatan pengabdian masyarakat dosen Tetap dengan menyelenggarakan kegiatan seminar melalui BEM FKIP. Seminar tersebut bertema  Menumbuhkan Rasa Solidaritas dan Mengembangkan Pelatihan Literasi Digital mahasiswa Di era New Normal.

Pembicara pada kegiatan ini adalah ibu Aris Naeni Dwiyanti, M.Pd dosen PGSD  Serta ibu Susilawati, M.Pd dosen Bimbingan dan Konseling. Kedua pembicara ini memberikan materi literasi digital dan etika dan aturan dunia cyber. literasi digital berperan penting dalam dunia pendidikan. Bagaimana seharusnya Mahasiswa membuat makalah atau tugas dari dosen dengan memanfaatkan literasi digital yang dimiliki. Namun masih banyak mahasiswa yang hanya menggunakan penelusuran dengan mengambil materi namun lupa atau bahkan tidak tahu bagaimana mensitasi materi dari jurnal ataupun artikel di media massa. Literasi digital diperlukan agar mereka mengetahui bagaimana cara mendapatkan informasi atau materi dari beberapa aplikasi yang tersedia.

Seperti bagaimana mencari materi dari google scholar serta mensitasi dari situs tersebut. selain google scholar juga dapat mendapatkan informasi dari boonbook, scihub, zlibrary dsbnya. Dalam pelatihan disampaikan bahwa literasi digital adalah kecakapan dalam memanfaatkan teknologi yang ada dalam proses menggali informasi yang dibutuhkan.

Manfaat dari literasi digital adalah agar mahasiswa lebih kritis terhadap informasi yang beredar, menambah kosakata, menambah kemampuan menulis, membaca serta menulis informasi. Tetapi literasi digital juga harus di imbangi oleh etika dan aturan di dunia cyber. Bagaimana mahasiswa menuliskan kembali informasi yang didapat dengan tetap menghormati penulis pertama dengan cara mencantumkan nama penulis dalam informasi yang dituliskan. Serta bagaimana berkomunikasi atau berkomentar dalam dunia cyber juga harus di perhatikan karena dunia digital punya beberapa etika dasar yang harus ditaati. Etika dalam dunia nyata maupun dunia maya/cyber berfungsi untuk menjaga sopan santun yang harus diperhatikan dalam pergaulan agar hubungan selalu baik.

Ketika berinteraksi dengan orang di dunia maya kita harus memperhatikan bahwa orang yang berinteraksi dengan kita juga manusia yang mempunyai perasaan dan emosi jadi sebisa mungkin hargai dan kendalikan emosi kita. Perhatikan juga bahwa apa yang kita tuliskan bisa menjadi boomerang untuk kita jika kita beropini atau berkomentar tanpa berpikir terlebih dahulu.