October 4, 2022

MoA MELALUI KEGIATAN WEBINAR PELATIHAN PEMILIHAN REFERENSI DAN TEKNIK SITASI DI JURNAL NASIONAL BEREPUTASI

Jumat, 3 Desember 2021 Berdasarkan nota kesepahaman (MoU)  antara Universitas Islam Lamongan dengan Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali dimana masing-masing pihak bersepakat untuk Meningkatkan Kerjasama di bidang Tridarma perguruaan tinggi. Maka untuk mewujudkan salah satu dari tri drama tersebut diadakan nota pelaksanaan kesepahaman (MoA) antara Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali dengan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Lamongan.

Pelaksanaan kesepahaman tersebut dilaksanakan dalam bentuk kegiatan webinar Pelatihan Pemilihan Referensi dan Teknik Sitasi di Jurnal Nasional Bereputasi. Ibu Wahyu Nuning Budiarti dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Ibu Silviana Nur Faizah dan berharap kedepannya kegiatan yang termuat dalam nota kespahaman bisa berlanjut ke ranah penelitian dan Pengabdian masyarakat. Beliau juga berpesan kepada para mahasiswa agar dapat menyerap semua ilmu yang akan di berikan oleh Ibu Silvia selaku narasumber. Senada dengan Ibu Nuning, dalam sambutannya beliau Bapak Mawan Akhir Riwanto selaku kaprodi PGSD memberikan Apresiasi terhadap HMPS PGSD yang sudah memfasilitasi kegiatan webinar serta kepada Ibu Silviana Nur Faizah yang sudah berkenan memberikan waktunya untuk memberikan ilmu kepada mahasiswa di Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali pada umumnya terutama mahasiswa FKIP pada khususnya. Himbaun beliau kepada mahasiswa agar dapat menyimak pemaparan materi oleh narasumber dengan baik agar menjadi bekal mahasiswa dalam mengerjakan karya ilmiah maupun tugas akhir.

Rangkaian Acara webinar berjalan dengan lancar, narasumber memberikan materi tentang proses pencarian referensi pada jurnal terakreditasi. Menjelaskan bagaimana mencari informasi dari jurnal nasional yang terpercaya. Pemateri juga memberikan break session agar mahasiswa dapat bertanya jika ada penjelasan beliau yang masih kurang jelas. Ketika proses pencarian referensi jurnal nasional jelas narasumber kembali menjelaskan tentang referensi jurnal internasional. Narasumber mencantumkan 10 link yang dapat memberikan akses jurnal internasional.

Sesi selanjutnya adalah membuat register akun serta alur penerbitan Naskah pada jurnal terakreditasi sinta. Pemateri memberikan warning agar peserta memeriksa kelengkapan komponen dalam jurnal yang akan di submit. Narasumber menjelaskan tentang komponen artikel jurnal dimana ada tujuh komponen jurnal yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa.

Komponen yang pertama adalah judul, dimana harus spesifik dan efektif serta mengandung permasalahan, solusi serta tujuan. Komponen selanjutnya adalah abstrak harus memenuhi kriteria yaitu memuat tujuan, metode, hasil yang disajikan secara lugas baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa inggris. Selanjutnya adalah katakunci harus menggunakan bahasa baku dan mempermudah pencarian artikel kita. Komponen ke empat adalah pendahuluan biasanya memuat  Kata Objek permasalahan, State of the Art terkait penelitian dengan permasalahan  sejenis, Research gap, Kontribusi/Originality/novelty, Kontribusi bisa pada masalah dan/atau metode,Kontribusi pada masyarakat (sulit diukur) – Manfaat penelitian. Komponen kelima adalah metode Teknik pengumpulan data Teknik keabsahan data Teknik analisis data. Selanjutnya komponen keenam ada hasil dan pembahasan Biasanya menyajikan pembanding sebelum adanya usulan kita  atau metode yang diusulkan peneliti sebelumnya dengan hasil  penelitian sesudah adanya usulan kita.ketujuh ada simpulan dan daftar pustaka. Di akhir pemaparannya Ibu Silviana berharap agar kegiatan ini bisa memberikan kontribusi bagi mahasiswa dalam proses penyusunan karya ilmiah berupa jurnal maupun skripsi atau tugas akhir mahasiswa. Beliau juga berharap agar kegiatan ini semakin mempererat kerjasama antara Universitas Islam Lamongan dengan Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali