October 4, 2022

Penerimaan Proposal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Pendanaan Tahun 2022 menjadi salah satu Agenda Rapat Kerja FKIP

Cilacap, 24 januari 2022 rapat kerja rutin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan kembali di adakan secara zoom, mengingat dan menimbang banyak dosen tetap yang masih berada di luar kota. Sambutan dari ibu Wahyu Nuning Budiarti adalah kembali mengingatkan bahwa FKIP adalah ruang dan dosen adalah penghuni rumah tersebut sehingga diharapkan dapat memperindah rumah tersebut dengan pelaksanaan rutin tri dharma. Meningkat pada Pembahasan pada acara rapat yang pertama adalah pembahasan jabatan fungsional dosen. Mengingatkan kembali masa pengajuan jabatan fungsional serta pemberian selamat kepada Dosen yang telah memperoleh kenaikan jabatan fungsional pertama yaitu asisten ahli.

Agenda kedua yaitu pembahasan jadwal tri darma perguruan tinggi yang akan dimulai pada bulan Februari tahun 2022. Prodi PGSD  pelaksanaan Penelitian dijadwalkan untuk Ibu Wahyu Nuning Budiarti. Pengabdian oleh Ibu Aris Naeni Dwiyanti, serta penulisan buku oleh Ibu Galuh Rahayuni. Prodi BK  Pelaksanaan Penelitian oleh bapak Yusuf Hasan Baharudin, pengabdian oleh Ibu Susilawati, dan penerbitan buku oleh Bapak Tatang Agus Pradana.

Pada kesempatan tersebut juga di informasikan penerimaan proposal hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh direktorat jendral pendidikan tinggi, riset dan teknologi. Skema penelitian yang memungkinkan Penelitian dosen pemula. Dosen yang belum pernah mengajukan hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun syarat untuk penelitian dosen pemula adalah Ketua pengusul berpendidikan S2 dengan jabatan fungsional maksimal Asisten Ahli atau belum memiliki jabatan fungsional, Anggota pengusul 1-2 orang, Pengusul hanya boleh mendapatkan skema PDP sebanyak dua kali sebagai ketua.

Skema penelitian lain yang memungkinkan adalah penelitian dasar dengan syarat Ketua pengusul berpendidikan S3 dengan minimal jabatan fungsional Asisten Ahli, atau berpendidikan S2 dengan jabatan fungsional sekurang kurangnya Lektor.Ketua pengusul memiliki rekam jejak publikasi minimal dua artikel di database terindeks bereputasi dan/atau dua artikel di jurnal nasional terakreditasi peringkat 1-2 sebagai penulis pertama atau corresponding author; atau tiga buku hasil penelitian ber-ISBN sebagai penulis pertama yang diterbitkan oleh penerbit anggota IKAPI/ setara atau penerbit internasional, Anggota pengusul 1-2 orang.

Skema penelitian lain yaitu PKPT dengan ketentuan Tim Peneliti Pengusul (TPP) terdiri atas ketua dan maksimum dua orang anggota. Ketua TPP berpendidikan makasimum S-2 dengan jabatan fungsional maksimum Lektor. Klaster kinerja penelitian Perguruan tinggi TPM minimum dari klister utama.TPM terdiri atas seorang ketua dan seorang anggota, keduanya berpendidikan S-3.Ketua peneliti TPM minimal mempunyai 5 publikasi pada jurnal bereputasi internasional sebagai penulis pertama atau corresponding author atau satu KI terdaftar.Usulan penelitian dibuat secara bersama antara TPP dan TPM Adapun Skema pengabdian masyarakat yang memungkinkan untuk di ikuti adalah skema kemasyarakatan program kemitraan masyarakat dan program kemitraan masyarakat stimulus. Dalam penutupnya Ibu Dekan berpesan bahwa upload proposal penelitian dan pengabdian bersifat wajib untuk seluruh dosen FKIP.