October 4, 2022

FKIP Serahkan Mahasiswa PPL ke 17 sekolah Mitra

Cilacap, 18 januari 2022 secara resmi FKIP menyerahkan mahasiswa praktik pengalaman lapangan ke 17 sekolah mitra. Skema PPL yang di usung adalah PPL A-XXI dan PPL-BXXI adapun yang membedakan adalah pemilihan sekolah yang dilakukan pada PPL A-XXI tempat sekolah mahasiswa sudah di tentukan oleh panitia yaitu SDN 4 Rawalo, SDN Slarang 03, SMAN 1 Sampang, SMAN 3 Cilacap dan SMK Bunda Satria.

Sekolah PPL B-XXI di tentukan oleh mahasiswa mengingat bahwa mahasiswa kelas B memiliki jarak tempuh yang berbeda. Ada 12 sekolah mitra pada PPL B-XXI yaitu SMAN 2 Cilacap, MAN 1 Cilacap, SMK Ristek Rowokele Kebumen, SDN Tritih Kulon 03, SDN  Mertasinga 06, SDN Karangtalun 03, SDN Sidanegara 09, SDN Bulusari 04, SMAN 1 Sidareja, SMAN 1 Batarsari, SMP Purnama Kesugihan, SMKN Kebasen. Penyerahan dilakukan oleh Dosen pembimbing lapangan dengan Blended learning Sekolah yang terdekat dengan kampus dilaksanakan secara luring sekolah yang jauh dan tidak memungkinkan untuk dikunjungi dilaksanakan secara daring.

Pelaksanaan PPL selama kurang lebih 50 hari dengan ketentuan monitoring oleh dosen pembimbing lapangan sebanyak 5 kali. Dilanjutkan dengan monitoring dari Dekan, KaProdi, panitia dilakukan satu kali. Masing-masing mahasiswa harus memenuhi tagihan dari masing-masing prodi. Untuk prodi PGSD terdapat 4 tagihan yang harus dilakukan yaitu Praktik Pengembangan Media, Praktik Pembelajaran Lapangan, Praktik kesulitan belajar, Praktik Pendampingan kegiatan sekolah. Tagihan Prodi BK yaitu 4 layanan yang harus dicapai dengan target per minggu 2-4 jam. Praktik  yang harus dipenuhi adalah  praktik layanan dasar, praktik layanan Responsif, praktik layanan peminatan dan perencanaan individu, praktik layanan dukungan sistem. Semua tagihan harus sudah dilakukan pada saat monitoring panitia.