October 4, 2022

FKIP Ngangsu Kawruh Pengelolaan Laboratorium Ke Universitas PGRI Yogjakarta

Ngangsu Kawruh atau mencari ilmu Pengetahuan adalah hal wajib bagi setiap orang terutama bagi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.  Selaku UPPS fakultas KIP terus berusaha mencari ilmu baru sebagai upaya penataan Pelaksana Program studi. Banyak hal harus dilakukan agar kualitas Program studi semakin Baik. Salah satu ilmu yang harus dimiliki oleh Fakultas adalah pengelolaan laboratorium.

Seperti yang kita ketahui laboratorium merupakan unit pelaksaan teknis kegiatan penunjang perkuliahan. Beberapa Mata kuliah mengharuskan adanya kegiatan Praktikum untuk lebih memahami praktik yang termuat dalam materi perkuliahan. Pengelolaan laboratorium merupakan hal yang belum begitu dikuasai oleh fakultas berdasarkan hal tersebut. Fakultas sepakat mencari Ilmu tentang Pengelolaan laboratorium ke Universita PGRI Yogjakarta. Berdasarkan sejarah UPY berawal dari IKIP PGRI yang berdiri pada tahun 1964 dan beralih menjadi Universitas PGRI Yogjakarta Pada 1997. Berdasarkan faktor usia dan akreditasi Prodi Pendidikan Guru sekolah Dasar dan Prodi Bimbingan dan Konseling , Fakultas KIP UNUGHA memutuskan untuk mengajukan kegiatan studi banding Ke UPY, balasan dari Pihak UPY adalah menerima kedatangan rombongan FKIP untuk melakukan studi banding pengelolaan Laboratorium.

Dalam sambutanya Ibu dekan FKIP UPY mengucapkan selamat datang kepada rombongan FKIP UNUGHA beliau merasa terhormat karena pihak FKIP UNUGHA mau belajar ke FKIP UPY. Kedepannya diharapkan agar silaturahmi dalam kegiatan studi banding dapat berlanjut pada kegiatan Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Masing-masing fakultas mempunyai keunggulan serta kekurangan masing-masing sehingga bisa sama-sama belajar dari keunggulan dan kekurangan masing-masing. Apa Yang ada di UPY semoga bisa menjadikan pembelajaran dan apa yang menjadi kekurangan agar menjadi refleksi perbaikan. Sambutan balasan dari Dekan FKIP menyatakan bahwa pihak Fakultas berterimakasih untuk penyambutannya serta masih belum percaya diri menawarkan kerjasama ke UPY. Penawaran kerjasama dari pihak UPY akan segera di tindak lanjuti dan disambut dengan teramat baik. Selanjutnya Proses studi banding ke laboratorium microteaching. Laboratorium microteaching terdiri dari 2 ruang mikro dan operator serta satu ruang refleksi. Dalam ruang micro di setting kedap udara dengan 3 kamera dan audio yang disediakan untuk mengambil rekaman pelaksanaan pembelajaran dari beberapa sudut yang berbeda. Pelayanan praktikum microteaching pada FKIP UPY di lakukan dari jam 08.00 samapai jam18.00. selanjutnya rombongan dipecah ke laboratorium terpadu PGSD dan laboratorium BK.

Laboratorium PGSD UPY terdiri dari laboratorium Matematika SD, laboratorium IPA SD, Laboratorium IPS SD, Laboratorium PKN SD, Laboratorium ke SDan. Penjelasan dari Kaprodi PGSD bapak Benny masing-masing laboratorium dapat menampung 40-50 mahasiswa dengan masing masing pelayanan Praktikum dari jam 08.00 sampai 16.00, laboratorium BK terdiri dari ruang praktik konseling Individu dan praktik Konseling kelompok. Dalam ruang praktik konseling individu dilengkapi dengan kamera serta mikrofon untuk melihat gesture klien serta suara klien dapat terdengar dengan jelas. Masing-masing kaprodi mempersilahkan Kepada fakultas untuk melakukan kegiatan kerjasama dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.