October 4, 2022

FKIP Lakukan Studi Banding Pengelolaan laboratorium Ke UII Yogjakarta

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Alghazali selaku Unit pengelola program studi terus berbenah agar bisa menjadi pusat layanan yang dapat memenuhi kebutuhan setiap Program studi. Salah satu sarana yang dapat diperbaiki adalah Laboratorium, penyediaan laboratorium sangat penting sebagai penunjang  perkuliahan.

Laboratorium merupakan satu unit pelaksanaan teknis yang menunjang beberapa mata kuliah. Pendidikan guru sekolah dasar seharusnya memiliki Laboratorium yand dapat mendukung beberapa perkuliahan yang mengharuskan mahasiswa melakukan praktik secara mandiri maupun secara terbimbing. Selain program studi PGSD, Program studi BK juga mengharuskan untuk melakukan Praktikum.

Berangkat dari keharusan tersebut pihak Fakultas memutuskan mengadakan studi Banding ke Universitas yang sudah memiliki Fasilitas Laboratorium yang lengkap dan Memadai. Universitas islam Indonesia di pilih selain karena fasilitas yang memadai juga karena adanya kerjasama sebelumnya yaitu rekgonisi dosen UII ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Atau lebih tepatnya ke Prodi PGSD.

 Pihak UII tepatnya Pendidikan Kimia menyambut baik kunjungan dari fakultas KIP dalam sambutannya Ibu Krisna selaku KaProdi pendidikan Kimia menyebutkan bahwa setelah kegiatan studi banding proses kerjasama antara UII dan UNUGHA dapat terus dilakukan dalam pelaksanaan tri Dharma perguruan tinggi.  Kolabarasi dalam kerjasama International dapat dilakukan ketika UII mengadakan kegiatan maka UNUGHA dalam hal pelaksanaan nya ke Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan dipersilahkan untuk berpatisipasi. Adapun Hal lain seperti Kegiatan Pengabdian Masyarakat sekaligus Publikasi penjaringan Mahasiswa baru dapat dilakukan bersama dengan prodi Bimbingan dan Konseling dengan sasaran pengabdian adalah Guru bimbingan dan konseling. Dalam kesempatan tersebut Ibu dekan FKIP menyatakan rasa terimakasihnya atas sambutan yang teramat baik serta tawaran yang diberikan. Kesempatan apapun yang ditawarkan kepada fakultas yang dapat menunjang kinerja akan diterima dengan senang hati. Ibu Wahyu Nuning Budiarti juga menyampaikan jika pihak UII Melakukan kegiatan dan membutuhkan keterlibatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNUGHA maka kami selaku UPPS siap untuk berpatisipasi. Dalam kesempatan tersebut disepakati beberapa poin tambahan yang dapat menunjang kerjasama antara kedua belah pihak.

Proses studi Banding dilakukan dengan mengunjungi laboratorium Terpadu. Pihak UII menjelaskan tentang mekanisme pengelolaan Laboratorium dari mulai persiapaan alat dan bahan serta proses layanan terkait penyelenggaraan Praktikum. Selanjutnya pada proses pengadaan serta penyimpanan alat dan bahan kamu mengunjungi gudang penyimpanan alat dan bahan penelitian. Dalam kesempatan tersebut pihak kami Juga melihat display hasil produk kreasi mahasiswa. Beberapa produk merupakan produk kosmetik yang dikembangkan dari minyak atsiri. Pengelolaan Minyak astiri dilakukan pada laboratorium tersendiri yaitu laboratorium minyak atsiri. unit Laboratorium Ilmu Kimia FMIPA UII. Laboratorium ini digunakan untuk keperluan praktikum, Penelitian dan pelatihan. Untuk keperluan pengembangan Minyak Atsiri, Lab. Minyak ATsiri didukung oleh Pusat Studi CEOS. Setelah proses studi Banding disepakati beberapa poin kerjasama yang dapat dilakukan pada waktu dekat