February 6, 2023

Analisis Diri bentuk dari pengabdian Masyarakat dan penguatan Karakter Mahasiswa FKIP

Cilacap, analisis diri merupakan suatu metode untuk mengenali, mempelajari,dan memahami potensi, emosi, kepribadian serta perilaku sendiri. Dewasa ini makin banyak mahasiswa yang berkata bahwa jurusan yang dipilih tidak sesuai dengan cita-cita dan impiannya. Tetapi ketika ditanya apakah cita-cita dan keinginannya banyak mahasiswa yang tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut. tren salah jurusan harus bisa diluruskan dengan analisis diri sehingga apapun jurusan yang dipilih mahasiwa dapat menikmati dan memberikan hasil yang terbaik.

 

Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan melalui salah satu civitas akademiknya yaitu ibu endang rifani, M.Pd selaku dosen BK memberikan pencerahan tentang analisis Diri. Dalam kegiatan Makesta IPNU dan IPPNU Al ghazali Muda menjelaskan pentingnya Analisis diri terhadap Mahasiswa Baru.

Dalam Penyampaian materi Bu endang lebih dulu menanyakan beberapa pertanyaan krusial yang harus di jawab oleh peserta Yaitu apasih tujuan dari hidup kamu, kenapa kamu memilih jurusan yang sekarang, bagaimana kamu memandang diri kamu 5 tahun ke depan. Apakah yang sekarang kamu lakukan sudah sesuai dengan tujuan hidup kamu. Tahapan awal ini dilakukan agar mahasiswa lebih mengenali dan berpikir tentang dirinya

Lebih lanjut bu endang menjelaskan manfaat melakukan analisis diri yaitu untuk meningkatkan motivasi, merasa diri berharga, lebih percaya diri dan mampu menciptkan problem solving. Sehingga secara tidak langsung meningkatkan meta kognisi individu yaitu kesadaran, keyakinan seseorang tentang proses dan cara berpikir pada hal-hal yang mereka lakukan yang berdampak pada proses pemecahan masalah dan daya ingat.

Tetapi tak jarang proses metakognisi terhalang oleh negativity bias atau kecenderungan seseorang untuk mengingat kembali peristiwa atau pengalaman yang tidak menyenangkan. Hal ini harus di dukung dengan pikiran positif yang memandang bahwa peristiwa yang tidak menyenangkan dapat memberikan pembelajaran yang nyata dan bisa menjadi pembelajaran yang baik untuk pembenahan diri.

Proses analisis diri bisa di lakukan dengan analisis SWOT yaitu dengan menguraikan kekuatan, menguraikan semua kelemahan, menguraikan semua peluang, menguraikan semua ancaman. Setelah itu membuat strategi kekuatan, peluang, kelemahan dan ancaman. Analisis ini bisa dilakukan dengan melakukan refleksi, mencari pengalaman, meminta feedback dari orang lain serta rajin berlatih. Di harapkan karakter mahasiswa menjadi lebih baik dan lebih mengenali kelebihan dan kekurangan diri serta cara untuk mengali kelebihan serta menutup kekurangan dari diri dengan kelebihannya.