October 4, 2022

RAPAT FKIP “MEMPERKOKOH TRIDHARMA DOSEN TETAP SERTA SOSIALISASI PERMINTAAN TINDAKAN KOREKSI AMI”

Cilacap, 20 Desember 2021 Rapat Fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan dilaksanakan secara Daring. Agenda Bulanan FKIP dilaksanakan secara daring mengingat dosen tetap yang masih berada diluar kota. Rapat dipimpin langsung oleh Dekan FKIP Ibu Wahyu Nuning Budiarti. Pembahasan rapat meliputi 3 komponen pokok yaitu kewajiban tri dharma dosen tetap, telaah Permintaan tindakan koreksi audit mutu internal serta Publikasi Prodi PGSD dan Prodi BK.

Pembahasan pertama Ibu Nuning mengingatkan kembali tentang jabatan fungsional dosen tetap. Beberapa dosen tetap PGSD dan BK yang sudah bisa mengajukan kenaikan pangkat di himbau untuk segera melaksanakan proses pengajuan. Berdasarkan rekap jabatan Fungsional FKIp jumlah lektor ada 2, jumlah asisten ahli untuk pengajuan lektor ada 4, jumlah asisten ahli 3 serta ada 3 dosen yang sedang mengajukan asisten ahli.

Proses pengajuan Jabatan fungsional tidak lepas dari rekam jejak tri dharma dosen, sehingga dari fakultas memberikan edaran untuk pelaksanaan penelitian, pengabdian serta penerbitan buku bagi dosen Tetap. Setiap dosen tetap dalam 1 semester wajib membuat 1 artikel sinta, 1 pengabdian masyarakat serta 1 penerbitan buku. Bu nuning menegaskan bahwa FKIP mengadakan Hibah penelitian serta Hibah ISBN buku yang dapat di ikuti oleh setiap dosen tetap dilingkup FKIP.

Pembahasan selanjutnya masih berkaitan dengan Tri dharma dosen tetap, dari hasil audit mutu internal Prodi di FKIP terdapat permintaan tindakan koreksi yang harus di tindak lanjuti. Beberapa poin berisi tentang kewajiban dosen tetap dalam publikasi karya ilmiah, Hak cipta, hibah penelitian dan pengabdian yang dilaksanakan oleh dosen tetap. Pelaporan kegiatan Dosen tetap bisa dilaksanakan setiap minggu maupun setiap bulan pada saat rapat FKIP.

Kegiatan terakhir adalah publikasi Prodi, masing-masing Prodi menyampaikan strategi publikasi pada proses penerimaan mahasiswa baru. Baik kaprodi BK maupun PGSD melakukan publikasi dengan Menyertakan Bidang III selaku kemahasiswaan. Strategi yang dilakukan adalah membuat flyer semenarik mungkin dan pendekatan Personal. Pada prodi BK bisa dilakukan Pada saat Praktik Pengalaman lapangan. Sebelum di tutup Ibu Nuning menyampaikan bahwa kegiatan penjadwalan Tri dharma bukan untuk memberikan Beban tetapi untuk bersinergi agar tidak ada dosen tetap yang jenjang karirnya terhambat. BK-PGSD maju bersama.