October 4, 2022

FKIP Ramu Konsep PPL Terbaru

Cilacap, Praktik pengalaman lapangan merupakan agenda rutin tiap sem ester Gasal fakultas keguruan dan il mu pendidikan. Analisis kurikulum dan mahasiswa menjadi acuan dalam penentuan konsep praktik pengalaman Lapangan. Ibu Wahyu Nuning Budiarti selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mengatakan penting bagi kita mengetahui keadaan dan kebutuhan mahasiswa di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Analisis kebutuhan mahasiswa meliputi jarak lokasi PPL serta analisis ketersediaan alat transportasi dan kesehatan Mahasiswa yang mengikuti PPL. Setelah melalui Rapat persiapan Praktik Pengalaman lapangan akhirnya di setujui bersama oleh ketua PPL Ibu Galuh Rahayuni, PPL A-XXI dan PPL B-XXI . Ketentuan dari PPL A-XXI adalah lokasi PPL di sediakan oleh Panitia dengan mempertimbangkan lokasi. Sedangkan PPL B-XXI di laksanakan berdasarkan pendataan sekolah lokasi PPL oleh Mahasiswa. Selain itu setiap Prodi di lingkungan fakultas keguruan dan ilmu pendidikan menetapkan target luaran yang harus di capai oleh mahasiswa PGSD dan BK

Prodi PGSD menetapkan beberapa target luaran yang harus di capai oleh mahasiswa PGSD. Diantaranya kemampuan Mengobservasi, Kemampuan menyiapkan administrasi sekolah, Kemampuan mengajar, Kemampuan Mengembangkan media serta kemampuan mengatasi kesulitan belajar siswa.

Prodi BK menentapkan 4 layanan yang harus dicapai oleh siswa dengan target per minggu 2-4 jam. Layanan yang harus di lakukan adalah layanan dasar, layanan Responsif, layanan Peminatan dan Perencanaan Individu, Layanan Dukungan Sistem. Minimal setiap Mahasiswa Melakukan 2 jam layanan di masing-masing layanan yang ditetapkan.

Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan berusaha untuk mengaplikasikan visi Misi Fakultas dengan memanfaatkan setiap kegiatann berbasis digital untuk itu segala informasi resmi terpusat di Website FKIP.